Minggu, 20 Mei 2018

INDONESIA 2020 Sebuah Takdir Kejayaan



Jakarta - Rekam jejak dan asal usuI : Bulan November 2017 Kafi Kurnia dan teman-teman memprakarsai sebuah platform digital yang diberi nama "SEMBUTOPIA", dan 6 buIan kemudian "SEMBUTOPIA" telah memiliki followers lebih dari 52.000. "SEMBUHTOPIA" adalah ide sederhana untuk memotivasi dun menginspirasi Indonesia agar kita bersama-sama menciptakan sebuah Iingkungan yang lebih sehat dan terbebaskan dari semua penyakit dan konflik baik secara kejiwaan dan keragaan. "SEMBUTOPIA"seIama 6 bulan terakhir teIah melakukan pemberdayaan komunitas Iewat kegiatan seperti lomba foto dan lomba tulis blog.

INDONESIA 2020 Sebuah Takdir Kejayaan :
Mengutip almarhum petenis Arthur Ashe "Start where you are. Use what you have. Do what you can. ” Indonesia 2020 adalah sebuah visi yang bertujuan menggelorakan semangat bangsa untuk segera mencapai takdir kejayaan Indonesia, dengan bermodalkan warisan nenek moyang kita dan memberdayakan warisan itu sehingga menjadi prestasi yang membanggakan.

Catatan : 20/20 adalah istiIah "perfect vision dimana seseorang dapat melihat dengan sempuma tanpa kaca mata. 2020 adalah juga tahun dimana kita merayakan kemerdekaan Indonesia yang Re 75.

Filosofi Ikan Asin :
Hampir 30 tahun yang lalu saya diberi oleh-oleh sebungkus ikan asin oleh searang teman. Kanon ikan asin itu adalah oleh-oleh khas dari kota Tegal. Karena tidak tahu nilainya, ikan asin itu saya berikan kepada pembantu saya. Pembantu saya berbinar-binar ketika melihat ikan asin itu, seperti layaknya melihat sebuah harta karun yang sangat langka. Malam harinya ketika makan malam saya disuguhi pembantu saya pepes ikan asin itu. Kelezatannya sangat maut sekali. Barangkali itulah makanan yang paling lezat yang pernah saya santap seumur hidup saya. Pembantu saya baru kemudian bercerita bahwa itulah ikan asin kuro yang legendaris dan masyhur. Satu minggu itu pembantu saya memasak sejumlah hidangan super lezat dengan ikan asin itu, mulai dari hanya digoreng biasa, dicampur dalam nasi goreng, hingga menjadi bumbu teIur dadar. Barangkali saat itu adalah titik pencerahan tertinggi saya tentang kuIiner Indonesia.

Tak Iama berselang ketika saya berkunjung ke Hongkong seorang kolega saya mengajak saya wisata kuliner disebuah restoran diakhirjamuan kami dihidangkan sajian nasi goreng yang luar biasa lezatnya. Kolega saya mengatakan bahwa bumbu rahasia sesungguhnya adalah ikan asin Waktu itu saya terperanjat bukan main dan saya langsung teringat pencerahan saya dengan ikan asin kuro oleh pembantu saya. Pengalaman kuIiner tentang ikan asin yang ke berbagai benua. Di Jepang suatu saat suya disuguhkan ikan teri asin yang dijadikan cemilan. Gurih dan membuat saya ketagihan Iuar biasa Dan Italy suatu saat saya disajikan pizza dengan taburun ikan asin juga sungat lezat dan membuat saya ketagihan luar biasa saya berpikir dalam ternyata ikan asin itu sesungguhnya sangat mendunia, Karena bisa kita temui dalam tiap kuItur dun budaya.

Kisah tentang ikan asin ini kemudian berlanjut. ketika saya diajak berdikusi dengan seorang ahli kuIiner : Beliau bercerita bahwu ikan asin ada hampir disemua budaya dan kultur, karena ikan asin ini kaya dengan cita rasa umami Umami dalam dunia kuIiner dikenal sebagai cita rasa ke 5, dan cita rasa inilah yang kemudian menjadi dasar cita rasa dalam MSG, yang membuat sebuah hidangan menjadi sangat gurih dan lezat. Menurut ahli kuIiner ini, di Jepang secara tradisional serutan ikan tuna sering ditambahkan di hidangan berkuah karana kaya dengan rasa umami ini. lni yang menjadi rahasia popularitas ikan asin dan kelezatannya dalam berbagai tradisi kuIiner.

Uniknya dalam sebuah diskusi tentang kuIiner Indonesia, saya pemah ditanya tentang masakan Indonesia yang perlu kita angkat dan kita populerkan sebagai daya tarik kuIiner dunia. Ketika saya menyebut ikan asin, maka mya ditertawakan ramai-ramai di forum. Kisah ini kemudian saya menceritakan kepada mentor, Mpu Peniti. Beliau juga ikut tertawa terbahak-bahak. Hati saya menjadi galau luar biasa.

Minggu berikutnya saya diajak mentor saya ke sebuah pasar di Jakarta yang menjual berbagai jenis ikan asin, Saya terus terang kaget luar biasa. Karena setelah saya hitung jenis ikan asin yang dijual itu,jenisnya lebih dari selusin. Kegalauan saya berubah menjadi kekaguman luar biasa !

Konon sejak abad ke 9 dan 10 diberbagai prasasti yang ditemukan diberbagai wilayah Nusantara sudah ditemukan bukti-bukti tentang adanya industri ikan asin. Bukti ini juga didukung dengan bukti-bukti lain tentang industri pembuatan garam. Dongeng ini kemudian menjadi bukti sejarah bagaimana nenek moyang kita berhasil secara naluri mengembangkan sebuah kearifan lokal". Karena mereka berhasil "memonfaatkan" nilai geografis kita yang berupa kepulauan dan yang "kaya dengan basil ikan-ikan Ialu memadukan-nya dengan keahlian " mengawetkan ikan dengan pengembangan industri garam ! Minggu menjadi sebuah kekayaan kuIiner dan budaya yang sangat Iuar biasa.

Mpu Peniti, mentor saya kemudian bertutur, bahwa kita yang sangat kaya dengan budaya seringkali meremehkan sejarah dan budaya kita. Barangkali itu yang terjadi dengan ikan asin. Kita semua meremehkan ikan asin. Kita menganggap enteng ikan asin. Mengutuknya sebagai makanan murahan dan makanan orang miskin. K ita gagal melihat potensinya. Kita miskin visi untuk menjadikan ikan asin Indonesia sebagai sebuah potensi kuIiner yang dahsyat.

Mewujudkan Takdir Kejayaan Indonesia :
Jonathan Swift (30 November 1667 19 October 1 745) seorang pemikir pernah mengatakan bahwa visi adalah sebuah peninhatan yang nyata bagi seorang pemimpin yang tidak bisa dilihat oleh orang lain. Dan visi adalah salah satu kualitas pemimpin besar.

INDONESIA 2020 bertujuan agar memotivasi kita semua untuk berpartisipasi agar ikut mewujudkan sebuah "grand vision" untuk Indonesia. Dengan harapan visi ini bisa diambil oIeh para pemimpin kita dan menghantar Indonesia ke takdir kejayaan-nya.

Kita tidak bisa memungkiri bahwa Indonesia memiIiki begitu banyak "jejak kejayaan" mulai dari tradisi. budaya, sejarah dan keanfan Iokal. jejak kejayaan ini sambung menyambung menjadi sebuah mozaik kekayaan dan kemakmuran yang menunggu masa panen. Dan jejak kejayaan ini sudah semakin dekat menjadi takdir kejayaan. Misalnya saja Indonesia tahun 2030 diramalkan akan menjadi takdir kejayaan terbesar ke 5 di dunia dengan niIai ekonomi US$ 5.424 triIiun. Bagi saya pribadi saya yakin Indonesia akan mencapai takdir kejayaan-nya. Bukan-kah nenek moyang kita pernah juga memberi wangsit dan warisan bahwa Indonesia akan "Gemah Ripah Loh Jinawi tata tentrem kerta raharja"

Barangkali bertanya kapan takdir kejayaan itu akan terwujud Berangkat dari tantangan ini disaat Hari Kebangkitan National yang keramat tahun 2018 ini, kami memberanikan diri untuk mengusung sebuah ide sederhana INDONESIA 2020 Sebuah Takdir Kejayaan. 2020 memiliki sejumlah makna. Yang pertama adalah Penglihatan yang sangat sempurna yang diistiIahkan dengan 2020. Yang kedua bisa jadi 2020 adaIah angka tahun 2020 Yang terpenting adalah mengobarkan semangat INDONESIA 2020 bahwa sebagai bangsa kita punya takdir kejayaan yang harus kita wujudkan bersama-sama dengan segenap rakyat Indonesia.

Setelah peIuncuran ide INDONESIA 2020 Sebuah Takdir Kejayaan, ide ini akan kami gelorakan keseluruh Indonesia. Pertama dengan mengadakan kegiataan motivasi dan inspirasi setiap tanggal 20 pada tiap bulan. Kedua dengan merekrut para profesional untuk menvisualisasikan ide INDONESIA 2020 kedaIam ka rya dan prestasi, entah itu karya seni, budaya atau karya Iainnya seperti sastra, kuIiner dan lainnya.

Besar harapan kami Indonesia akan mencapai takdir kejayaan-nya sesegera mungkin. Cita-cita nenek moyang kita terhadap sebuah negara yang "Gemah Ripah Loh jinawi tata tentrem kerta raharja" bisa terIaksana segera ! Dan dapat yang terukir dalam sila-siIa Pancasila akan menjadi wujud nyata bagi seluruh rakyat Indonesia.(Waris)